Jumat, 26 Juni 2015

Sang Diaka


Sang Diaka seorang putra raja yang menyamar jadi rakyat jelata untuk mencari seorang istri yang baik, cerdas dan mulia sehingga bisa membantunya memimpin kerajaan.

Sang Diaka terus berjalan hingga tiba di sebuah desa terpencil.
di balai desa sangat ramai, rupanya kepala desa lagi mengadakan pauman warga.
kepala desa mengumumkan bahwa, "siapapun yang berhasil mempersembahkan berbagai makanan dengan daging anjing tanpa membunuh anjingnya akan mendapat hadiah menarik"

para warga mulai saling berbisik tentang bagaimana caranya, "mustahil" kata sebagian warga dan mereka tak punya ide untuk menghadapi tantangan kepala desa. sementara sebagian yang lain masih mencari2 ide.

sang Diaka segera unjuk tangan "saya akan bisa melakukannya" katanya penuh semangat. semua warga menoleh padanya, heran "bagaimana kau akan melakukannya, jika tak bisa maka kau akan dihukum berat" salah seorang warga berbisik. "Tak apa-apa" jawab Sang Diaka. Sang diaka pun meninggalkan tempat keramaian. seekor anjing kecil mengikutinya.

Di sebuah pondok di tepi hutan Sang Diaka beristirahat. ia memandangi anjingnya yang lucu berlarian kesana kemari. tidak tega, pikirnya. sang Diaka ke tengah hutan mencari daun-daunan. anjing kecil itu diberi makan yang  dicampuri daun-daunan tersebut. tak lama kemudiananjing lucu itu terkapar menggeliat lalu diam. Sang Diaka dengan cekatan memotong ekor dan kupingnya serta mengoleskan minyak tombak

pada bagian yang dipotong. bagian potongan itu diolah menjadi berbagai masakan. ketika masakannya jadi anjing lucu itu terbangun dan sedikit meringis mendekati Sang Diaka yang sibuk berkemas-kemas. mereka datang ke balai desa dimana banyak orang sudah berkumpul. Kumir si anjing lucu bersungut=sungut mengikuti dari belakang

singkat cerita, Sang Diaka mendapat hadiah berkat masakannya yang enak dan si kumir yang lucu.

setelah menerima hadiah Sang Diaka pergi meninggalkan desa menuju desa lainnya. tiba di sebuah sungai. ada seorang gadis sedang mencuci pakaian. "Nona apakah sungai ini dalam?" 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar